Efek samping Steroid

Sebagai peningkat massa tulang dan kekuatan otot, steroid terutama jenis obat kortikosteroid yang masih bersaudara dengan anabolic steroid merupakan obat ampuh dalam mengatasi peradangan dan meredakan nyeri.
Disamping itu, steroid yang langsung bekerja pada kimiawi otak juga bermanfaat meningkatkan mood. Sebab itu, Anda yang tidak mengalami peradangan tetapi mengonsumsi steroid dapat merasa nyaman dalam waktu relatif cepat, entah itu dalam hitungan menit atau jam
Kalau begitu, kenapa tidak menggunakan steroid sebagai pereda nyeri? Alasannya, steroid ternyata memiliki efek samping yang kadang-kadang justru membahayakan

Berikut efek samping yang bisa muncul akibat penggunaan steroid:
• Steroid justru menekan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi
• Saat diminum, steroid justru sebabkan gastritis (mag) dibanding obat non steroid anti-inflammation disease (NSAID)
• Kadang-kadang, steroid dapat menghentikan suplai darah pada sendi terutama di paha dan menyebabkan nyeri degeneratif yang disebut avascular necrosis.
• Penggunaan jangka panjang, steroid dapat mengurangi massa tulang dan meningkatkan risiko patah tulang.
• Penggunaan jangka panjang juga menekan fungsi kelenjar adrenal. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk merespon stresor emosi dan rasa sakit fisik berkurang.
• Kebanyakan steroid bakal melepas lemak dan cairan di tubuhnya dan akan tetap demikian meski sudah menghentikan steroid.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*